BERKOMUNIKASI MENGGUNAKAN TELEPON


BERKOMUNIKASI MENGGUNAKAN TELEPON

1.      ISTILAH DAN PENGERTIAN KOMUNIKASI
       Bahasa Latin yaitu communicatio yang artinya sama makna
 
Menurut para ahli:
         Komunikasi berarti sama maksudnya, jika kita mengadakan komunikasi dengan suatu pihak maka kita menyatakan gagasan untuk memperoleh kesamaan dengan pihak lain mengenai suatu objeK tertentu.
        Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antara individu melalui suatu sistem biasa baik dengan simbol – simbol, sinyal – sinyal, maupun perilaku
         Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami (hubungan kontak)

2. UNSUR - UNSUR KOMUNIKASI
1. Komunikator
2. Komunikan
3. Pesan (Message)
4. Media
5. Umpan Balik  (Feed Back)

3.      MACAM – MACAM ALAT KOMUNIKASI  DAN ALAT KOMUNIKASI KANTOR
     a. Tradisional (asap, api, kentongan, lonceng)
     b. Modern  (Akoptika, Grafika, Elektronik)

4.      SYARAT KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
•Persepsi
•Ketepatan
•Kredibilitas
•Pengendalian
•Kecocokan / keserasian

5.       DASAR – DASAR TELEKOMUNIKASI 
a.       Asal kata = tele + komunikasi 
b.      Berdasarkan UU No. 3 Tahun 1989 
c.       Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia

6.      BENTUK TELEKOMUNIKASI 
 •Untuk umum  
•Bukan untuk umum

7.      Unsur Sistem Telekomunikasi 
•Terminal
•Transmisi
•catudaya
•switching  

8.      Cara menangani telepon 
 1. Listen to the caller
 2.Offer help 
 3. Don’t put on hold 
 4. Answer to the question
 5. Offer sugestion 
 6. Not to be transferred from one person to another 
 7. To talk to some one who knows what they are doing 
 8. A fast respon 
 9. Couteous service
 10. Correct information
 
Mengendalikan sikap si penelpon  
    ciri cirinya:  
    1. Penelpon cepat memperlihatkan kekuasaannya  
    2.Menuntut pelayanan yang cepat  

    cara mengendalikan:  
     1. bersikap pasif  
     2. perhatikan dengan akrab dan sopan  
     3. segeralah memberikan jawaban 
     4. jangan kesal  
     cara mengendalikan: 
1.      berikan penelpon simpati dan pengertian
2.      akuilah kebenaran mereka 
3.      janjikan kalau anda akan melakukan tindakan perbaikan dan melakukannya segera  
4.      berikan ia saran

 3. Pasive 
     - mudah dilayani
    -  biasa melakukan hubungan telepon
    - sudah berpengalaman
    - jarang mendesak 
    - biasa menerima pelayanan  yang memuaskan


      •CIRI – CIRI 
        1. Bahasa penelpon tidak santun
        2. Penelpon tidak mau menyebutkan identitas diri
        3. Penelpon menggunakan nada tinggi
        4. Kata – katanya tidak bersahabat

      •CARA MENGHADAPI
         1. Tenang
         2. Hati – hati dan waspada
         3.  Tanya keperluannya, darimana, ada yang bisa dibantu
         4. Jangan dihubungkan ke pimpinan
         5. Jangan terpengaruh
        6. Pesan dicatat dengan tepat dan  benar

B.     MELAKUKAN PANGGILAN TELEPON

1. PERCAKAPAN TELEPON
Adalah percakapan yang dilakukan oleh dua orang pelanggan dengan memakai fasilitas pesawat telepon.

2. PERCAKAPAN TELEPON BERDASARKAN JARAK YANG DITUJU
a.       PERCAKAPAN LOKAL
Adalah percakapan yang dilakukan oleh dua pos (pesawat) telepon yang terletak dalam satu daerah lingkungan pelayanan lokal.
Untuk melakukan panggilan tidak menggunakan kode wilayah percakapan tetap bisa berlangsung dengan baik .

b.      PERCAKAPAN INTERLOKAL (SLJJ)
Adalah percakapan yang terjadi antara dua daerah telepon yang berbeda , yang berjarak lebih dari 25 KM. Percakapan Interlokal sering disebut Saluran Langsung Jarak Jauh (SLJJ). Untuk melakukan panggilan wajib menyertakan kode wilayahnya.

c.       PERCAKAPAN ATAR BANGSA (INTERNASIONAL)
Adalah percakapan dua orang atau lebih dengan menggunakan pesawat telepon yang letaknya berbeda negara.
Cara menggunakan telepon SLI:

a. Menekan tombol awalan Internasional 00
b. Menekan kode negara
c. Menekan kode wilayah
d. Menekan nomor telepon yang dituju




3.      MERENCANAKAN PANGGILAN TELEPON
Rencana adalah persiapan awal sebelum melakukan sesuatu. Keuntungan perencanaan panggilan yaitu terarah , Efisien , efektif.

4.      TANDA TELEPON HARUS DI AKHIRI
a.       Pastikan pesan sudah disampaikan
b.       Percakapan sudah sedikit menyimpang
c.        Segera akhiri percakapan dengan ucapan terima kasih


1 komentar:

ROBBI mengatakan...

Halo,
Nama saya ROBBI dari Cirebon Jawa Barat Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Alicia Radu yang telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan pinjaman kepada saya, telah membutuhkan pinjaman selama 3 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Cirebon dimana saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki, karena saya berhutang kepada bank dan teman saya dan saya tidak memiliki seseorang untuk dijalankan, sampai suatu hari setia bahwa seorang teman saya menelepon Siti Aminah setelah membaca Kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, jadi saya harus menghubungi Siti Aminah dan dia memberi tahu saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Ibu Alicia Radu bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Ibu Alicia Radu dan saya terkejut dengan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman saya dipindahkan ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberi kesaksian tentang karya bagus Ibu Alicia Radu
jadi saya akan saran semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Alicia Radu email: (aliciaradu260@gmail.com) dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ibu Alicia Radu email saya : (robbi5868@gmail.com) dan Anda masih bisa menghubungi Siti Aminah yang mengenalkan saya pada ibu Alicia Radu melalui email: (sitiaminah6749@gmail.com)
semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Alicia Radu untuk mengubah kehidupan finansial saya

Posting Komentar